Sabtu, 18 Februari 2012

3 Istri Osama Bin Laden Ditahan Intelijen Pakistan

Pasca tewasnya pemimpin jaringan Al-Qaidah, Osama Bin Laden yang telah menjadi target utama pihak Amerika Serikat sebagai tokoh terorisme paling berbahaya, rupanya menyeret pula para istri-istrinya. Baru-baru ini, dinas intelijen Pakistan (ISI) telah menahan tiga istri Osama Bin Laden, salah satunya adalah Amal al-Sadah (27), istri termuda Osama yang seluruhnya memiliki lima orang istri. Sembilan anak, termasuk putrid Bin Ladin, Safiya (12) juga ikut ditahan.

Amal menjadi saksi tewasnya Bin Laden dalam serbuan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, SEAL, Ahad dini hari lalu di lokasi persembunyian mereka di Kota Abbottabad, Pakistan. Sedangkan Amal menderita luka tembak di kaki. Serbuan itu menewaskan tiga pria, termasuk putra Bin Ladin, Khalid (22 tahun), dan istri kurir Bin Ladin.
Kepada para penyelidik, Amal mengungkapkan bahwa Bin Laden telah tinggal di rumah berlantai tiga itu sejak 2005. Interogasi terhadap Amal, baru dijalani setelah cederanya diobati di sebuah rumah sakit di Kota Rawalpindi. Menurut seorang pejabat keamanan Pakistan yang tidak disebutkan namanya, Amal mengaku tidak melihat bagaimana suaminya dibunuh. “Kami masih mengorek informasi dari mereka (ketiga istri Bin Ladin),” kata sumber itu.

Mantan direktur ISI, Asad Munir, mengatakan kepada ABC, interogasi berlangsung tanpa kekerasan, di mana tiap istri Bin Laden itu mendapat 20 pertanyaan. “Kami rubah pertanyaannya tiap tiga atau empat hari. Untuk berbohong, Anda harus memiliki daya ingat sangat bagus,” ujarnya. Seorang pejabat senior intelijen Pakistan mengungkapkan kepada the Times, pihaknya menahan 17 orang, termasuk empat wanita, untuk dimintai keterangan.

Sumber :
http://www.harianberita.com/3-istri-osama-bin-laden-ditahan-intelijen-pakistan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar